Setia itu menyakitkan

Eitssss..jangan salah tanggep dulu.. Judul diatas dipersembahkan oleh tulisan di belakang truk yang gw liat tadi waktu berangkat kerja… Di tulisan itu, malah dikasih tanda seru (!) yang banyak dibelakang tulisannya untuk menegaskan perasaan si empunya tulisan. Awalnya gw ngerasa lucu liat tulisan itu, tapi lama2 gw jadi mikir “apa iya setia itu menyakitkan?”. Beberapa hari ini gw mendengar kabar dari 2 orang kenalan yg pernikahannya menghadapi ujian kesetiaan.

2 orang ini berbeda latar belakang, usia pernikahan, jumlah anak, pekerjaan, etc.etc.. pokoknya beda banget lah..respon yang diambil pun berbeda, yang satu milih mencoba bertahan, yang satu lgsg cus ke rumah ortu bawa anak2nya meskipun blom ada keputusan apa-apa. Bukan bermaksud hossipp, tapi otomatis terhubung dalam benak gw. Apa iya setia itu menyakitkan?

Di usia pernikahan yang baru balita ini, gw ga bisa jumawa atau kasih saran soal hal ini. Cuma gw teringat dulu sebelum merit, gw konseling pernikahan. Dan konselor gw itu sudah berumah tangga lama dan terlihat harmonis (eh, emang harmonis sih) dan dia kasih pesan “tidak ada seorangpun yang kebal dengan godaan perselingkuhan. mau orangnya cakep ato biasa aja, kaya atau pengangguran, pendiem atau cewawakan, semua bisa dihampiri godaan perselingkuhan. Hubungan kalian dengan Tuhan sebagai kepala keluarga dan hubungan kalian satu sama lain sebagai partner hidup, itu yg menentukan respon kalian terhadap godaan tersebut”

Dulu mah mikirnya, ah..masa sih kami bisa tergoda, kami kan saling mencintai (maklum ya, namanya juga mo persiapan pernikahan). Tapi setelah di dalam pernikahan, baru gw menemukan kebenaran pesan dari konselor gw tadi. Sekarang gw harus berdoa lebih kuat supaya kami bisa memberi respon yang benar terhadap godaan ini apabila suatu saat menghampiri.

Semoga yang sedang diuji, bisa diberi kekuatan dan penyelesaian dari masalahnya. Semoga lulus ya kawan..

Leave a Reply

