Babbling

Di masa tumbuh kembang anak, ada masa-masa anak babbling atau mulai berbicara tapi masih belum jelas kalau menurut pemahaman awam saya. Idealnya nih..katanya anak seumur B harusnya sudah menguasai 200 kata..Tapi kok ya B kayaknya masih babbling aja sampai sekarang meskipun sudah ada maksud dari bahasa planetnya. Nah lhooo, saya sih santai aja sambil terus berusaha ajarin dia kata-kata baru, tapi kadang-kadang yang genggeus itu ocehan orang yang banding-bandingin B dengan anaknyalah, cucunyalah, anak temennyalah, tetangganyalah, siapalah.. Hahaha..saya mah lambai-lambai ke kamera aja kalau udah mulai dapet komentar begini. Kasih senyum, pura-pura kesurupan 😛

Jujurnya, saya cukup menikmati dan takjub menebak-nebak apa arti ocehan B saat ini. Jadi ingin saya tuliskan supaya ada kenangannya . Inilah list ocehan B saat ini yang paling sering terdengar:

1. Mama –> Ini mah udah jelas artinya, lafalnya, dan maksudnya apa
2. Papa –> Idem deh sama mama jelasnya
3. Inyek –> Nenen (minta menyusu)
4. Cucu –> Susu
5. Naau –> Tidak Mau
6. Cici –> Polisi, ini tadinya bingung apa artinya, tapi kok ya tiap dijalan melihat polisi pasti si cici dipanggil-panggil, barulah kami engeh kalo cici itu artinya Polisi
7. Bis –> Bis, dia pecinta kendaraan besar, jadi tiap liat Bis di jalan langsung deh : Mama, bis, bis
8. Twak –> Truk, ini juga favoritnya
9. Tator –> Bisa traktor, excavator, bulldozer, road roller, pokoknya kendaraan alat berat
10. Ken –> Crane, masih seputar kendaraan besar
11. Wawah –> Sawah, kata ini muncul selama perjalanan ke Yogya
12. Wawat –> Pesawat
13. Topter –> Helikopter
14. Mam –> Makan
15. Mik –> Minum
16. Iya –> Eyang
17. Cis –> Om Chris (Nama adik saya)
18. Pipi –> Pipit, ini kayaknya karena sering dengar eyangnya manggil nama saya
19. Apung –> Oppung
20. Bou –> Bou (sebutan untuk adiknya Pak B)
21. Dedek –> Adik, ini kalau dia melihat bayi-bayi
22. Te –> Oke
23. Jida –> Jidat
24. Yut –> Perut
25. Ngan –> Tangan
26. Tati –> Kaki
27. Tepeda –> Sepeda
28. Totor –> Motor
29. Tuda –> Kuda
30. Buku –> Buku
31. Saki –> Sakit
32. Ndi –> Mandi
33. Ucin –> Kucing
34. Yayam –> Ayam
35. Baco –> Bakso
36. Gajah –> Gajah
37. Bobo –> Tidur
38. Yayan –> Jalan-jalan
39. Abi –> Mobil
40. Baju –> Baju
41. Nana –> Celana

Hmm..apa lagi ya…baru segitu yang terpikirkan..Banyak babbling lain yang sampai saat ini bikin jidat berkerut..Oh ya, dia juga suka sekali bertanya “apa itu, itu apa” sampai bosan jawab dan mati kutu. Hahaha..

Semoga tumbuh kembangmu semakin baik ya nak, gapapa masih babbling yang penting belajar. Love you.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s