Nikmatnya Sehat (2)

Tulisan ini sekedar sharing, mungkin ada teman lain yang pernah merasakan hal yang sama. Jadi kelanjutan sakit yang kemarin itu ternyata panjang urusannya, broh..

Sempat bikin ketar ketir juga sih. Jadi di tanggal 25 Nov kemarin (setelah berkeluh kesah di sini) saya memutuskan untuk coba ke dokter di RumKit langganan di dekat rumah nyokap. Tapi ada ngeselinnya nih, ternyata jadwal dokter (saya pengen lgsg ke spesialis penyakit dalam) di web-nya ga update, jadi udahlah sampe sana malah ga ada dokter spesialis lagi (emang saya dateng malem, jam 8.30 malem). Kezel. Tapi karena saya pusing hebat, kami ke bagian IGD yang 24 jam.

Di IGD, saya dikasih obat pereda nyeri lewat infus dan lumayan banget pusingnya berkurang. Setelah kurleb 2 jam diinfus, cus lah kami pulang dengan dibekali surat rujuk ke dokter spesialis syaraf, surat pengantar cek kolesterol dkk dan serenceng obat sakit kepala, jaga-jaga kalau pusingnya kumat. Malam itu dilewati dengan damai, tidur nyenyak, dan optimis meski kaki masih senat-senut.

Esok harinya, saya cek darah dan hasilnya kolesterol & asam urat saya diatas ambang batas meskipun ga terlalu tinggi *tutupmuka*. Setelah cek darah, saya pun menuju dokter spesialis syaraf, namanya Dr.Catur Banuaji Sp.S. Doketer Catur sabar meladeni dan memberi penjelasan panjang lebar. SEtelah mendengar kronologisnya, dia bilang kemungkinan saya radang syaraf karena nyerinya tidak di satu sisi (tangan kanan, kaki kiri), dan pusing di kepala bisa jadi tension otot di pundak menekan syaraf. Sementara dia kasih obat untuk syaraf dulu, kalau keluhan tidak mereda baru akan cek lebih lanjut.

Drama dimulai setelah pulang dari dokter, saya sakit kepala hebat lagi, minum obat dari dokter di IGD ga mempan, minum obat warung (b*drex extra) 4 jam kemudian ga mempan, dan sakit kepala berlanjut sampai hari minggu. Bukannya membaik, malah memburuk disertai muntah-muntah.. Lihat cahaya lampu (dan cahaya lainnya) pusing ga karuan, denger suara berisik nyut-nyutan. Akhirnya minggu sore balik lagi ke RS, dan seperti biasa ke IGD lagi, diinfus lagi, cek darah lagi, tapi ga membaik. Hasil cek darah ke 2 ini juga ga menunjukkan infeksi, ga anemia, gula darah pun normal. Dokter memutuskan supaya saya dirawat agar bisa di observasi lebih lanjut dengan dokter penanggungjawabnya ya dokter Catur karena beliau yang terakhir menangani.

Dokter Catur meminta supaya segera CT Scan dan rontgen Versikal (bahu & leher) keesokan harinya. Malamnya beliau datang tapi sayangnya, hasil CT Scan dan Rontgen belum dia terima dari radiolog. Hari itu menjadi hari terpanjangggggg dalam hidup saya menunggu hasil CT Scan dengan segala kekhawatirannya. Di kunjungan pertamanya, meskipun kamar dalam keadaan gelap (karena saya ga bisa lihat cahaya), dokter Catur menanyakan beberapa hal mengenai sakit kepala saya, dan dari ciri-cirinya dia menyimpulkan saya ini Vertigo berat. Intinya kondisi saya menyangkut pusat keseimbangan di tubuh saya. Biasanya gejala akan hilang sendirinya setelah beberapa hari (dibantu obat pereda nyeri dan istirahat). Pemicunya? Macam-macam dan salah satunya stres.

Long story short, akhirnya hasil CT Scan dan rontgen saya keluar. Puji Tuhan kondisi otak saya normal, tidak ada pendarahan, intinya oke. Tetapi ada satu penemuan pengapuran pada tulang & sendi saya dari hasil rontgen . Dokter bilang hal ini kemungkinan besar yang menjadi pemicu rasa sakit kepala hebat saya karena pengapuran membuat otot jadi tegang dan menekan syaraf (cmiiw, maklum waktu dijelasin saya masih oleng banget). Semua orang nanya, apa penyebabnya saya bisa pengapuran padahal masih muda? Jawabannya saya tidak tahu pasti, mungkin kurang kalsium (ciyan ya saya..) tapi yang jelas posisi yang tidak ergonomis saat bekerja menghadap komputer dan saat memegang handphone (kepala menunduk dan bukan hpnya yang diangkat sejajar mata).

Terus harus gimana? Saya diminta fisioterapi tapi setelah vertigo saya hilang. Kenapa? karena fisioterapi harus tengkurap, tapi kalau saya masih vertigo bisa muntah-muntah kalau disuruh tengkurap. Masalahnya, vertigo saya bandel banget dan menetap sampai seminggu di RumKit dan berlanjut seminggu lagi di rumah. Fisioterapi belum saya lakukan sampai saat ini, tapi saya melakukan akupuntur untung meringankan vertigo saya (dengan persetujuan dokter tentunya).

Pengalaman baru ini saya di akupuntur, dulu saya ngeri banget lihatnya. Tapi pas dijalani, kok ya ga kerasa tau2 jarum udah “pating cerantelan” di kepala sampai kaki saya. Hahaha, akupuntur ini menurut saya help me a lot karena senat-senut kaki saya hilang dan vertigo saya jadi berkurang. Saat ini saya sudah mulai kerja dengan kondisi tidak bisa menatap layar monitor (dan hape) lama-lama, jadi harus sering mengalihkan mata dari layar. Belum kondisi maksimal, tapi sudah jauuuuhhh lebih baik.

Dengan “kado” akhir tahun ini, saya pun semakin terpacu untuk mulai sangat memperhatikan kesehatan. Mulai pilah pilih makan, menggunakan hp seperlunya (hiks, ketinggalan update aktor terpaporit iniiiii… *plakk), menatap layar monitor tidak lama-lama (makanya blog terlantar, blogwalking sekali2, bhay drama2 korea kece yang lagi on going, sementara ga bisa nonton dulu lama-lama, sementara lho ya sampai bener2 sehat..), mulai stretching otot setiap pagi..

Hahhh..pokoknya 2017 cuma 1 resolusinya : Harus Lebih Sehat!!!!

Fighting

Oh ya, Merry Christmas & Happy New Year buat kamuh kamuh yang merayakan… Yang tidak merayakan, selamat menyambut 2017 yaaaa

God bless us

10 thoughts on “Nikmatnya Sehat (2)

  1. mbak smooch itu apa? *kemudianDitimpukTelolet.
    Mudah2an cepet sembuh ya mbak. Emang sehat itu mahal, tapi nasi padang memang sungguh nikmat mbak. Akupun kolesterol 204 euy, sampe bela2in beli Omepros yang langsung bikin tipis dompet, hiks ….
    Semangat 2017 ya mbak Pipit!

    Like

Leave a Reply

